Selasa, 19 Juli 2011

BULOG Sultra Beli Beras Petani Rp 54 Miliar

BULOG Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengeluarkan dana Rp 54 miliar untuk pembelian beras petani lokal.

Kepala Divre BULOG Sultra, Bambang Napitupulu, di Kendari, Selasa, mengatakan, dana sebesar itu untuk pembelian beras atau pengadaan beras yang sampai 15 Juli lalu mencapai 9.072 ton.

"Harga pembelian beras tidak hanya berdasar Harga Pembelian Pemerintah (HPP) sebesar Rp 5.060,- /kg, tetapi harga pembelian sudah berada di atas HPP, yakni berkisar Rp 5.310,- /kg sampai Rp 5.810,- /kg," kata Bambang.

Menurut dia, BULOG saat ini sudah diperbolehkan membeli beras di atas HPP dengan catatan BULOG tidak rugi dari pembelian beras petani tersebut.

"Jumlah pembelian beras di atas HPP yang kami lakukan selama periode Januari hingga 15 Juli tahun ini sudah mencapai 6.500 ton," katanya.

Menurut Bambang, penyerapan atau pembelian beras petani lokal akan maksimal pada bulan Oktober-November tahun ini karena saat itu sudah selesai dilakukan panen petani.

"Kami sangat yakin, target pembelian beras sebesar 20.000 ton beras bisa terealisasi hingga akhir tahun. Bahkan kemungkinan ada potensi melebihi target," katanya.

Bambang mengatakan, penyerapan beras petani lokal terbesar dilakukan BULOG di Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Bombana.

"Daerah yang saya sebutkan itu memang merupakan sentra produksi beras di daerah ini. Meskipun beberapa kabupaten lainnya juga memproduksi beras, tetapi tidak signifikan jumlahnya," katanya.

Ia menjelaskan, beras petani yang diserap tersebut merupakan surplus petani, di luar dari kebutuhan konsumsi yang sudah ada dimasyarakat atau yang sudah dimiliki pedagang.

"Beras yang kita serap tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan penyaluran raskin kepada rumah tangga sasaran (RTS) yang ada di Sultra sebanyak 253.157 RTS," Bambang mengatakan, pihaknya akan membeli berapapun hasil produksi petani. (kfs)

Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar