Kamis, 16 Juni 2011

Mari Elka: Harga beras masih cenderung bergerak naik

JAKARTA. Selama bulan Januari hingga Mei 2011 perkembangan harga bahan pokok di dalam negeri cukup stabil. Namun, komoditi beras masih cenderung mengalami kenaikan tipis. Demikian dikatakan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu dalam presentasi Perkembangan Harga Bahan Pokok, siang ini (16/6).

Berdasarkan harga rata-rata yang dikelola Kementerian Perdagangan (Kemendag), harga beras di bulan Mei 2011 naik tipis 0,34% ketimbang harga beras pada April 2011 yang harganya sekitar Rp 8.711 per kilogram (kg).

Kenaikan harga beras selama periode Januari-Mei 2011 karena masa panen raya di beberapa sentra produksi telah berakhir, meski di beberapa daerah-daerah sentra produksi lain yang masih panen.

Meski demikian, hal terpenting untuk mewaspadai kenaikan harga beras yakni menjaga stok di sentra produksi tetap aman. "Sehingga memasuki bulan puasa, Lebaran hingga akhir tahun nanti pasokan aman dan tidak terjadi lonjakan harga," ujarnya.

Stok beras rata-rata ke pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) bulan ini sebanyak 23.703 ton. Jumlah ini lebih rendah dari pasokan beras rata-rata bulan Mei 2010 yang mencapai 34.909 ton. Dan memasuki awal Juni hingga minggu ke-II stok Juni stok beras sudah mencapai 35.869 ton.

0 komentar:

Posting Komentar